Kakaban | Pesona Danau Labuan Cermin di Biduk-biduk
Transaksi Anda sedang di proses
Tolong jangan tutup halaman ini
Indonesia
English
info@kakabantrip.com    |    IND
(021) 8370 3157    |    081 211 888 999, 081 588 121 55    |    Jam Kerja (09:00 - 17:00 WIB)    |   
Tetap Terhubung :
DETAIL artikel
Pesona Danau Labuan Cermin di Biduk-biduk
Published : 11 Jun 2014 16:45

Unik dan menakjubkan, mungkin itulah kata yang tepat untuk menggambarkan Danau Labuan Cermin di Desa Biduk-biduk ini. Bagaiana tidak, danau ini mengandung dua jenis masa air yang berbeda, air laut dan air tawar, namun begitu, keduanya tidak bercampur satu sama lain, bagaikan ada sekat yang tidak terlihat diantara keduanya.

Untuk menuju Danau Labuan yang terletak di Kalimantan Timur ini kita bisa terlebih dahulu menuju Kabupaten Berau yang berada di utara Pulau Kalimantan. Dari Tanjung Redeb, ibukota Kabupaten Berau menuju Desa Biduk-biduk dibutuhkan waktu sekitar 6 – 7 jam dengan menggunakan transportasi darat.

 Menuju Danau Labuan Cermin
Menuju Danau Labuan Cermin

Di Biduk-biduk, ada beberapa homestay yang bisa dijadikan tempat untuk beristirahat setelah perjalanan yang panjang. Pantai yang memanjang di seluruh desa bisa menjadi salah satu pilihan untuk menghabiskan waktu di sore hari.

Untuk menuju Danau Labuan Cermin, kita harus menggunakan kapal kecil yang mempu menampunng hingga 20 orang lebih. Setelah melalui arus yang agak deras di bawah jembatan besi, kita akan memasuki sebuah laguna yang luas, namun bukan itu yang bernama Danau Labuan Cermin.

 Panorama Danau Dua Rasa

Danau Labuan Cermin
Panorama Danau Dua Rasa

Dari laguna dari kita akan melalui celah sempit yang di atasnya melintang pipa air bersih untuk warga sekitar, terkadang jika air sedang pasang kita harus berjalan untuk sampai ke danaunya karena kapal tidak bisa melewati pipa tersebut, namun ketika air sedang surut maka kapal kita akan bisa langsung masuk ke bagian danau.

Di sinilah kita akan dibuat takjub, sebuah danau dengan airnya yang bening namun memiliki dia air yang berlainan. Air tawar mengalir di bagian atasnya dan air laut berada di bagian bawahnya. Ketika menyelam ke bagian yang lebih dalam sambil membuka mulut, maka kita bisa merasakan sensasi air dua rasa yang ada di dalamnya. Saking beningnya, dari permukaan kita bisa melihat ikan berenang dengan bebas seakan tidak terganggu keriuhan para pengunjung.

 Airnya yang laksana kaca
Airnya yang laksana kaca
Pengunjung di danau
Pengunjung di danau 

Faslitas untuk untuk berganti baju juga telah tersedia di sini. Selain itu, bagi yang ingin bersandai bersama orang terkasih juga disewakan kano yang bisa dipakai untuk berkeliling danau, bagi yang ingin bermain di air, ban dalam dengan berbagai ukuran juga disewakan untuk digunakan sebagai pelampung di dalam danau.

Selain Danau Labuan Cermin, tempat lain yang tak kalah menarik untuk dikunjungi di Desa Biduk-biduk adalah dua pulau kecil dengan pasir putih dan bawah lautnya yang masih alami yaitu Pulau Kaniungan Besar dan Pulau Kaniungan Kecil. Sekedar bersnorkeling ria atau bermain-main di pantainya merupakan hal lain yang juga harus di coba ketika berkunjung ke tempat ini.

Beranda
Tiket
Jadwal Trip
Trip Sebelumnya
Paket Trip
Artikel
Konsultasi Layanan
Pembayaran online
Pemesanan online
Mitra
Email Kami
Tentang Kami
Tim Kakaban Tour
Karir
Email : info@kakabantrip.com
Jakarta Office:
Jl Pal Batu 1 No.9 RT 07 RW 04,
Menteng Dalam Tebet
Jakarta Selatan 12870
Phone : (021) 228 318 89 ,
081 211 888 999 , 081 588 121 55
Kakaban Trip
Jl. Ruhui Rahayu No. 11 RT 12 Ring Road Balikpapan
Phone 0542 - 873270, 081254200333
© 2014 Kakaban.co.id , develop by Upparl co.